Tugas SIM-Bisnis Elektronik (E-Business) dan Kerjasama Global

NAMA                   : SAID HAMZALI
NPM                      : 1609200020106
MATA KULIAH  : SISTEM INFORMASI MANAJEMEN

TUGAS EVALUASI BAB II BISNIS ELEKTRONIK (E-BUSINESS) DAN KERJASAMA GLOBAL

Mengapa sistem untuk kolaborasi dan bisnis jejaring sosial begitu penting dan teknologi apa yang mereka gunakan?

Definisikan tentang kolaborasi dan bisnis jejaring sosial, dan mengapa mereka menjadi begitu penting bagi organisasi bisnis

  • Kolaborasi (collaboration) merupakan suatu proses partisipasi yang melibatkan beberapa orang atau sekelompok organisasi untuk bekerja sama untuk mencapai tujuan organisasi, atau lebih singkatnya bekerja sama dengan orang lain untuk mencapai tujuan bersama yang jelas.
  • Bisnis jejaring sosial (sosial bussines) adalah bagaimana menjual barang atau jasa kepada pembeli atau konsumen dengan menggunakan platform jejaring sosial yaitu seperti facebook, twitter, youtube, instagram, dan perangkat media sosial lainya yang terdapat dalam perusahaan untuk saling berhubungan dengan karyawan, pelanggan dan pemasok.

Kolaborasi dan Bisnis Jejaring Sosial penting bagi Organisasi Bisnis

  1. Kolaborasi menjadi sangat penting bagi organisasi saat ini karena dengan adanya kolaborasi dapat menghemat beberapa aspek dalam berorganisasi misalnya dalam berorganisasi, pada dasarnya kita bekerja sama dengan orang lain untuk menyelesaikan suatu tugas bersama, tentu saja akan lebih cepat selesai daripada harus mengerjakannya sendiri. Kemudian kolaborasi juga dapat meningkatkan efisiensi dan efektivitas dalam organisasi serta kolaborasi juga dapat menghindari adanya rasa individualisme dalam berorganisasi misalnya dalam suatu organisasi ada orang yang yang bersifat sangat individualis dengan melakukan aksi kolaborasi ini individu tersebut dapat dilatih untuk bekerja sama dengan orang lain. Jadi, menurut saya kolaborasi sangatlah penting dalam berorganisasi karena kolaborasi dapat memberikan banyak manfaat bagi anggota organisasi tersebut dan kelangsungan organisasi itu sendiri.
  2. Bisnis jejaring sosial mengapa begitu penting bagi organisasi karena baik organisasi besar ataupun kecil sekarang ini telah memanfaatkan jejaring sosial sebagai salah satu cara promosi efektif mereka. Bahkan pada saat ini tidak sedikit pula yang akhirnya menjadikan bisnis jejaring sosial dan dunia internet sebagai media utama mereka dalam menjalankan organisasi bisnis.

Manfaat bisnis dari kolaborasi dan bisnis jejaring sosial

Manfaat bisnis dari kolaborasi dan bisnis jejaring sosial dapat dilihat dari beberapa manfaat yaitu antara lain :

  1. Produktivitas
    Orang yang dapat bekerjasama dengan orang lain dapat menyelesaikan masalah lebih cepat ketimbang orang-orang dengan jumlah yang sama bekerja secara sendiri-sendiri.
  2. Kualitas
    Orang-orang yang bekerja secara kolaboratif dapat saling mengoreksi kesalahan lebih cepat daripada mereka yang bekerja sendiri-sendiri. Kolaboratif dan penggunaan teknologi sosial akan mempersingkat waktu perancangan dan produksi.
  3. Inovasi
    Orang yang bekerjasama secara bersama-sama dapat mendatangkan ide yang lebih inovatif tentang produk, layanan, serta administrasi, ketimbang mereka yang bekerja secara terisolasi(sendiri-sendiri).
  4. Layanan Pelanggan
    Orang yang bekerja bersama-sama menggunakan perangkat kolaborasi dan jejaring sosial dapat menyelesaikan masalah dan keluhan pelanggan lebih cepat dan efektif daripada mereka yang bekerja secara sendiri-sendiri.
  5. Kinerja Keuangan
    Perusahaan yang kolaboratif, memiliki penjualan, pertumbuhan penjualan, dan kinerja keuangan yang lebih unggul.

Budaya dan proses bisnis yang mendukung kolaborasi

Kolaborasi tidak akan berlangsung secara spontan dalam perusahaan bisnis, terutama jika tidak ada budaya dan proses bisnis yang mendukung sehingga dalam sebuah budaya yang kolaboratif manajemen senior membangun kolaborasi dan tim kerja sebagai bagian penting dalam organisasi dan biasanya juga menerapkan kolaborasi untuk jajaran senior bisnis di dalam organisasi bisnis tersebut.

Jenis perangkat kolaborasi dan bisnis jejaring sosial
a. Perangkat Kolaborasi
Budaya kerja yang kolaboratif dan berorientasi tim tidak akan memberikan hasil apa pun tanpa adanya sistem informasi yang memungkinkan terwujudnya semua itu. Adapun jenis perangkatnya yaitu :

  1. Surat elektronik (electronic mail) dan pesan instan (termasuk pesan singkat) telah menjadi perankat utama dalam berkomunikasi dan berkolaborasi untuk menghubungkan pekerjaan.
  2. Wiki adalah jenis situs web yang memudahkan pengguna yang tidak memiliki pengetahuan dalam bahasa pemograman dan pengembangan web untuk berkontribusi menggubah tulisan dan gambar. Contoh wiki yang paling terkenal adalah Wikipedia.
  3. Virtual Words merupakan sebuah konten grafis maupun hologram yang mampu menciptakan dunia secara virtual dalam bentuk screen play. Misalnya sekolah bisnis yang berskala internasional dengan kampus di Prancis dan Singapura, kedua kampus tersebut menggunakan virtual worlds untuk mengadakan pertemuan secara online sehingga mahasiswa dari kedua kampus tersebut diwakili oleh avatar mereka masing-masing bisa berinteraksi dan saling berbagi ide secara virtual.

b. Perangkat Bisnis Jejaring Sosial
Saat ini tersedia produk perangkat lunak yang menyediakan platform multifungsi untuk kolaborasi dan bisnis jejaring sosial diantara kelompok-kelompok karyawan yang bekerja di berbagai lokasi berbeda. Antara lain sebagai berikut:

  1. Google Apps/Google Sites dan Cloud Collaboration Services
    Salah satu layanan online gratis yang paling sering digunakan adalah Google Apps/Google Sites. Google Sites memungkinkan pengguna menciptakan situs web untuk kelompok secara online yang dpaat diedit secara cepat.
  2. Microsoft SharePoint
    Merupakan platform kolaborasi dan pengolahan data berbasis browser, yang digabungkan dengan fitur mesin pencari pada server perusahaan. Microsoft SharePoint dapat digunakan untuk menjadikan pusat kegiatan komunikasi situs web internal perusahaan guna mengorganisasikan dan menyimpan informasi pada satu area kerja terpusat.
  3. Lotus Notes
    Merupakan contoh awal dari perangkat untuk membentuk dan berkomunitas di dalam sebuah grup. Sistem aplikasi kolaborasi dengan kemampuan mensharing kalender, penulisan dan pengeditan dokumen secara bersama berbagi akses database, serta pertemuan secara elektronik dimana setiap partisipan dapat saling melihat dan menampilkan informasi dan kegiatan yang dilakukan satu sama lain. Kemudian saat ini bisnis jejaring sosial semakin meningkat dan banyak dikenal oleh masyarakat luas yaitu facebook, twitter, linkedln, youtube, pinterest, dan instagram.