Hubungan Manajemen dan Organisasi

Pengertian manajemen adalah bagaimana mengelola semua sumber daya organisasi secara terintegritas digunakan sebaik mungkin dengan efesien, efektif, dan optimal untuk mencapai tujuan organisasi satu diantaranya meningkatkan pelayanan sesuai dengan visi misi organisasi.

Pengertian organisasi adalah suatu wadah yang terdiri dari sekelompok orang (group of people) yang bekerjasama memiliki keterikatan dengan hubungan formal dalam rangkaian terstruktur untuk mencapai tujuan organisasi secara optimal.

Hubungan Manajemen dan Organisasi

Manajemen sangat berhubungan erat dengan organisasi artinya tidak ada sebuah organisasi tanpa ada manajemen sehingga organisasi tersebut adalah tempat manajemen itu akan berperan aktif  karena organisasi membutuhkan pengolahan, penyusunan, pengarahan dan pengawasan yang diperuntukan mendapat suatu kesatuan tujuan utama dari organisasi itu sendiri jadi organisasi tanpa manajemen yang baik akan mengakibatkan rutinitas organisasi tidak dapat bertahan lama atau dengan kata lain akan pincang jika salah satunya hilang.

Contoh penerapan manajemen dalam kehidupan bertetangga saat ini, kita tinggal pasti disuatu Kampung yang memiliki kepala desa yang diberi kepercayaan oleh warga sekitar untuk menggatur, mengkoordinasi warga-warganya demi tercapainya suatu tujuan misalnya lingkungan yang bersih dan membuat silaturahmi antar warga tetap terjaga. Kepala Desa dalam hal ini bisa dikatakan sebagai manajer dan memiliki anggota yaitu perangkat desa dan  masyarakat sebagai anggota yang saling bekerja sama, misalnya setiap hari minggu di adakan minggu pagi bersih yang di lakukan oleh warga sekitar yang gunanya untuk menjaga kebersihan lingkungan. Tidak hanya itu manfaat lain dari kegiatan itu juga menjaga silaturahmi antar warga di sekitar, Disini kepala desa selaku manajer telah melakukan manajemen karena sudah melaksanakan suatu perencanaan, mengajak atau menggerakkan anggota organisasi yaitu perangkat desa dan  warga untuk mendapatkan suatu tujuan tertentu yaitu lingkungan yang bersih dan membuat silaturahmi antar warga tetap terjaga. Jadi manajemen sangat penting dalam kehidupan kita karena dengan adanya manajemen dapat mengatur sesuatu dengan baik dan benar .